Move On, Patah Hati Bisa Bikin Mati 08 Desember 2017

Gak cuma berdampak buruk pada fisik, patah hati juga bisa memiliki efek buruk pada kesehatan mental. Peneliti dari Virginia Commonwealth University melakukan penelitian pada 7 ribu orang dan menganalisa stage depresi dan kecemasan berdasarkan pengalaman traumatis yang pernah mereka alami. Misalnya, orang terdekat yang meninggal, perceraian, putus cinta, diabaikan atau mengalami penolakan. Laman Heart.org menyebut bahwa perempuan lebih rentan mengalami hal ini, karena reaksi dari hormon yang memicu stres berlebih. Gejala sindrom patah hati yang perlu menjadi perhatian, yakni nyeri dada dan sesak napas.

80% anak yang orangtuanya berpisah tidak jatuh dalam downside psikologis yang serius. Orangtua yang memelihara komunikasi baik , mendorong anak-anak mereka mencapai cita-cita, dekat dengan keluarga dan menikmati jalinan hubungan dengan orang lain. Anak-anak yang keluarganya diselimuti konflik, cenderung terganggu dalam mengikuti pelajaran di sekolah dan kesulitan mengatasi masalah emosional. Kepuasan hidup orangtua bisa dalam segi pendidikan, pendapatan maupun pekerjaan yang mereka sukai, serta waktu yang diluangkan bersama keluarga. Namun orang tua juga perlu waktu untuk melakukan hal menyenangkan bagi diri sendiri, misalnya nonton movie, menjalin pertemanan, dll. Dulu dia dikenal sebagai anak yang periang dan sering berkumpul dengan teman-temannya.

Kalo pemikiran ini timbul sesaat setelah stress hebat maka perlu ditinjau lebih lanjut apakah ide bunuh diri itu menetap . Tergantung usia penderita depresi dan berada di fase apa di dalam hidupnya, bisa dibilang jika dibiarkan berlarut-larut, cukup berbahaya. Misalnya, seorang pelajar yang broken Slot Pragmatic home jatuh ke jurang depresi. Prestasi menurun, gak bisa kerjain PR, gak konsentrasi di kelas, gak bisa kerjain ujian. Penderita depresi bisa diukur kadar aktivitas otaknya dengan alat bernama fMRI dan PET .

Kondisi putus cinta yang dialami seseorang dapat menyebabkan depresi berat dalam beberapa kasus bahkan memicu kecenderungan untuk melakukan bunuh diri. Jika kamu berada dalam tahap tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan psikiater. Susan Heitler, psikolog klinis di Denver, Colorado, mengatakan salah satu langkah terbaik untuk ketika mengalami depresi setelah patah hati atau putus dengan kekasih adalah mengunjungi ahli terapi atau psikolog.

Itu bukanlah fakta yang obyektif yang menentukan apakah suatu peristiwa menimbulkan trauma, melainkan pengalaman emosional subyektifmu terhadap suatu peristiwa. Semakin engkau merasa takut dan tak berdaya, semakin mungkin Anda menjadi trauma. Into The Light Indonesia adalah komunitas orang muda untuk advokasi, kajian, dan edukasi pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa yang berbasis bukti ilmiah dan hak asasi manusia. Mereka yang terdampak dapat merasakan kesedihan yang mendalam, rasa bersalah, marah, distigma, dilupakan, bahkan dapat dituduh sebagai penyebab bunuh diri. Hal ini membuat mereka juga sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

Dampingi biar dia merasa, tidak sendiri menghadapi masalahnya. Kan kalo masalahnya selesai bukankah enak di mbak juga suami mbak ga perlu nengok-nengok kembali ke mantannya, kan? Saya yakin badai pasti akan berlalu, dan pelangi akan hadir kembali di bahtera rumah tangga mbak dan suami mbak. Padahal, informasi yang salah dan stigma justru dapat memperburuk kondisi kesehatan psychological publik.

Patahati menyebabkan bunuh diri

“Setelah itu sejumlah warga pun membantu menurunkan korban dari tempat gantungan,” paparnya. “Maka kami pun membuat Surat Pernyataan penolakan otopsi yang ditandatangani oleh orang tua korban dan diketahui oleh Kepala Desa Ujung Lero,” pungkasnya. “Setelah itu sejumlah warga pun berdatangan, lalu membantu menurunkan korban dari tempat gantungan,” paparnya. Informasi yang dihimpun TribunPinrang.com, korban sempat menemani ayahnya Safri makan siang.

Terus nyokap gue bilang setelah beberapa hari gue stop ke dokter, kalo dia ga terima anak nya dikasih obat. Terus dia cerita gitu sama temen nya disaranin buat ke psikolog dan harus nya ke psikolog dulu biar ga langsung dikasih obat, kata temen nya gt. Obat-obat anti-depresi memerlukan waktu minimal satu bulan untuk bekerja. Gak seperti antibiotik yang diminum 5 hari dan orang langsung ngerasa lebih enak.

Ia ditemukan tewas gantung diri di rumanya di Jalan Bangka II Mampang, Prapatan, Jakarta Selatan pada Selasa (5/12) dini hari. Untuk menghindari fokus pada hubungan yang telah berakhir, saya harus fokus pada hal-hal lain dalam hidup saya dan membuatnya jadi lebih baik. Semakin saya berperilaku seperti orang regular, semakin saya akan merasa seperti orang normal lainnya. Penderitaan saya adalah hasil dari reaksi kimia dalam otak, dan saya tidak gila. Kimia otak saya hanya sedang tidak seimbang saja untuk sementara.

Banyak hal dapat mengakibatkan seseorang untuk melakukan bunuh diri, mulai dari depresi, patah hati, dan sebagainya. Saat ini media sering diwarnai dengan berita mengenai bunuh diri. Sungguh disayangkan karena kita sebagai manusia, seharusnya dapat menghargai hidup kita.